Cara Membuat Tombol Logout di Halaman Admin Web Penjualan Dengan PHP Dreamweaver CS6.

ProjekWebKu : Ini adalah rangkaian akhir dari tutorial halaman admin. Setelah sebelumnya dibahas mengenai form login, input data produk, membuat laporan transaksi, data pelanggan hingga penambahan data password baru untuk admin, dan kini diakhiri dengan membuat tombol logout.

Tombol logout ini berfungsi sebagai pintu keluar dari halaman admin. Sehingga bisa diibaratkan pintu kamar. setelah kamu keluar, tentu pintunya harus di tutup bahkan dikunci untuk mencegah orang lain masuk tanpa izin. Tentu kita tidak ingin ada sesuatu hal yang tidak diinginkan dari kamar kita sehingga bisa merugikan. Demikian juga dengan halaman Admin. Di dalamnya terdapat data-data penting yang hanya boleh dikelola  oleh pihak admin saja. 

Terus, Bagaimana dengan form input password seperti pada tutorial sebelumnya ?
Kalo itu sama saja dengan kamu menduplikan kunci kamar kamu untuk diberikan kepada orang lain.  Ngerti kan?

Tombol logout ini tentu adanya di halaman admin. jika kamu belum tahu, silahkan pelajari dulu Cara Membuat Halaman Adminnya. 

Jika semuanya sudah siap. kita akan langsung ke TKP. Seperti biasa. aktifkan dulu Deamweaver, XAMPP dan Browsernya.
1). Pertama. buka tab baru pada  Browser dan jalankan halaman admin yang sudah login seperti ini.  Lalu tekan menu Logout yang berada di atas sebelah menu Home. 
2). Jika muncul halaman baru seperti ini dan ada tulisan "Object not found !" itu artinya ada file php yang belum tersedia dan harus dibuatkan. Dalam hal ini file logout.php belum ada.
3). Untuk itu kita akan membuatnya dengan cara menjalankan Dreamweaver. Pilih menu File > New > type : Php > Create. Setelah muncul file baru, Klik kanan > Save. Tempatkan di C:\xampp\htdocs\Projek_Web\admin.  Sebagai file logout.php. 
4). Pada file logout.php, ubah ke mode kode.dan kosongkan halaman.  Lalu ketiklah kode php dibawah ini dan simpan.
<?php
session_start();
session_destroy();
echo "<script>window.alert(' Anda Berhasil Keluar Dari Halaman Admin..!');
window.location=('../index.php')</script>";
?>
5). Setelah disimpan, Kembali lagi ke halaman Admin tadi, Kemudian tekan tombol menu Logout lagi. Jika muncul pesan seperti gambar dibawah ini. Maka kamu berhasil keluar dari halaman admin dan akan dialihkan ke menu index.php
Bagaimana, Mudah kan? Jika belum paham. silahkan lihat video berikut ini.  ( Tenang aja, bukan video yang macem-macem kok.   ^_^).

Makasih ya udah berkunjung. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
23 Mei 2017 pukul 20.06 delete

gan boleh minta folder beserta db nya dalam bentuk rar toko online agan? tq zetkai97@gmail.com

Reply
avatar