Makalah Tugas Akhir : Bab I Pendahuluan.

ProjekWebKu : Berikut adalah contoh dari Makalah Tugas Akhir Web Programming BAB I : PENDAHULUAN.

Untuk mendapatkan file ini, silahkan Tekan gambar Download yang ada di bagian bawah.

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah.

Di zaman yang berkembang pesat ini serta sejalan dengan era globalisasi, maka benda yang bernama komputer bukanlah barang baru, melainkan suatu media yang sangat membantu sekaligus dibutuhkan peranannya bagi manusia sebagai penggunanya. Perkembangan yang pesat akan teknologi komputer sehingga dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Maka seiring dengan hal tersebut para penggunanya dituntut untuk menyesuaikan dengan perkembangan komputer itu sendiri. Sejalan dengan hal itu internet juga melakukan perkembangan, dapat kita lihat beberapa tahun kebelakang bahwa internet hanya digunakan untuk kalangan khusus, yaitu militer dan pemerintah. Tetapi jika kembali pada masa sekarang ini internet berkembang bagaikan wabah yang menyebar keseluruh dunia.

Dunia maya yang lebih dikenal dengan internet buakanlah menjadi suatu yang baru bagi kita, cepatnya perkembangan didunia internet membuat segalanya seakan jadi lebih mudah dan menjadikan segalanya jadi lebih cepat diberbagai hal, termasuk salah satunya sebagai penyampaian informasi, seolah membuat dunia menjadi tanpa batas.

Internet bukan hanya untuk mencari segala informasi yang datang dengan cepat, lebih dari itu kehadirannya dapat digunakan sebagai alat bantu bisnis perdagangan sebagai sarana dalam proses jual beli. Sehingga dapat memberikan




1


2

kemudahan sekaligus juga keleluasaan bagi para pembeli serta pedagang dalam proses jual beli.

Di masa lalu, aktivitas dunia perdagangan (commerce) dilakukan melalui penawaran langsung tapi pertumbuhan drastis dari internet telah mengubah paradigma tersebut. Melalui internet, pedagang dapat menawarkan produknya secara online kepada pembeli tanpa perlu bertatap muka.

E-commerce (perdagangan melalui internet) mengizinkan pedagang untuk menjual produk-produk dan jasa secara online. Calon pembeli atau konsumen dapat menemukan website pedagang, membaca, melihat produk-produk, dan memesannya secara online. Oleh karena hal itu didalam tinjauannya, penulis tertarik membuat pemrograman aplikasi web yang diberi judul “PERANCANGAN SISTEM

PENJUALAN SEPATU BERBASIS WEB”.




1.2.  Maksud dan Tujuan.

Maksud dari penulisan Tugas Akhir ini adalah:

1.      Merancang Website penjualan sepatu dengan menggunakan Adobe Dreamweaver CS6 yang menyediakan produk bagi para pengguna internet .

2.      Mengimplementasikan Website sehingga mempermudah para pengguna internet dalam memperoleh informasi dan bisa memilih jenis produk.

3.      Memberikan kemudahan kepada para pengguna internet dalam melakukan transaksi pemesanan produk secara online melalui website yang responsif dan petunjuk penggunaan yang mudah dipahami.


3

4.      Untuk mempermudah para pengguna internet agar bisa bertransaksi 24 jam penuh.



Sedangkan tujuan penulisan Tugas Akhir adalah sebagai salah satu syarat kelulusan pada program Diploma Tiga (D.III) untuk program studi Manajemen Informatika di Akademi Manajemen dan Komputer Bina Sarana Informatika ( AMIK BSI KARAWANG).


1.3.  Metode Penelitian.

Dalam  penulisan  Tugas  Akhir  ini,  menggunakan  Metode  Pengembangan

Perangkat Lunak dan Teknik Pengumpulan Data.

A.      Metode Pengembangan perangkat Lunak.

Metode yang digunakan pada pengembangan perangkat lunak ini menggunakan model water fall (Rosa A.S,2013:28) yang meliputi:

1.        Analisa Kebutuhan Perangkat Lunak.

Pada proses ini penulis lebih mengutamakan mengenai proses pemesanan produk sepatu secara online. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses transaksi penjualan dan memberikan kemudahan tersendiri kepara para pengguna internet yang akan memesan maupun memperoleh informasi mengenai produk pada website penjualan sepatu.

2.        Desain .

Pada proses ini merupakan tahapan dimana dilakukan penuangan pemikiran dan perancangan sistem terhadap soludi dari permasalahan yang ada dengan


4

menggunakan perangkat permodelan sistem seperti diagram alir data (data flow diagram). Diagram hubungan entitas (entity relationship diagram) serta struktur dan bahasan data.

3.        Pembuatan Kode Program

Pembuatan kode program atau coding merupakan penerjemahan design dalam bahasa yang bisa dikenal oleh komputer. Dilakukan oleh programmer yang akan menerjemahkan transaksi yang diminta user. Tahapan inilah yang merupakan tahapan secara nyata dalam mengerjakan suatu sistem dalam artian penggunaan komputer akan dimaksimalkan dalam tahapan ini. Setelah pengkodean selesai maka akan dilakukan testing terhadap sistem yang telah dibuat tadi. Tujuan testing adalah menentukan kesalahan-kesalahan terhadap sistem tersebut dan kemudian bisa diperbaiki.

4.        Implementasi dan Pengujian Unit.

Pada proses ini perancangan perangkat lunak direalisasikan sebagai serangkaian program atau unit program. desain interface perangkat lunak pada Website Toko Online direalisasikan sebagai serangkaian program atau sebuah unit program. Dilakukan juga unit pengujian program Website Toko

Online yang melibatkan verifikasi sistem, bahwa setiap unit telah memenuhi spesifikasinya.

5.        Penerapan Program dan Pemeliharaan.

Perangkat lunak yang sudah dibuat dan diterapkan pada perangkat lain akan mengalami perubahan. Perubahan tersebut bisa karena mengalami kesalahan karena perangkat lunak harus menyesuaikan dengan lingkungan (periperal


5

atau  sistem  baru)  atau  karena    user    membutuhkan    perkembangan

fungsional.




B.       Teknik Pengumpulan Data.

Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dalam melakukan pengumpulan data untuk Tugas Akhir adalah :

Studi Pustaka (Library research).

Dalam metode ini penulis mengumpulkan dan memperoleh data dari membaca buku-buku literatur, laporan-laporan atau bacaan lain,yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.


1.4.  Ruang Lingkup.

Dalam pembuatan website Toko Sepatu ini diperlukan batasan masalah, agar

permasalahan yang ditinjau  tidak terlalu luas dan sesuai dengan maksud dan tujuan

yang dicapai. Adapun batasan-batasan yang dibuat adalah sebagai berikut :

1.        Data yang diolah adalah data produk sepatu, data gambar,data pemesanan dan data laporan.

2.        Proses yang terjadi pada aplikasi yaitu proses login user, proses pembelian produk, proses pencarian produk, dan proses pembuatan laporan.

3.        Keluaran yang dihasilkan oleh aplikasi yaitu informasi produk, informasi

pemesanan,  informasi  cara  pembayaran,  laporan    produk  dan  laporan

penjualan.


6

4.        Pada halaman Admin dapat melakukan proses input, update, delete, semua data yang berhubungan dengan web penjualan sepatu yang meliputi data barang, dan laporan penjualan.


1.5.  Sistematika Penulisan.

Penulis menyusun penulisan Tugas Akhir ini menjadi empat bab, diantaranya:

BAB I
PENDAHULUAN


Bab
pendahuluan  ini   membahas  tentang  latar  belakang
masalah,

pembatasan  masalah,   tujuan  penulisan,  metode  penelitian  dan

sistematika penulisan.

BAB II
LANDASAN TEORI


Bab
landasan  teori  ini membahas  tentang konsep dasar
web dan

teori pendukung.

BAB III
PEMBAHASAN


Bab  pembahasan  ini  menguraikan  tentang  tinjauan  kasus,  analisa

kebutuhan,  perancangan  perangkat  lunak  seperti  rancangan  antar

muka, rancangan basis data dan  rancangan struktur navigasi, begitu

pula pada implementasi dan pengujian unit.

BAB IV
PENUTUP


Pada  bab  ini  terdiri  dari  kesimpulan  dan  saran-saran  penulis  yang

penulis buat berdasarkan bab-bab sebelumnya.



Download File :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
5 Juni 2017 pukul 01.35 delete

Izin download gan. Done. Terimakasih gan (y)

Reply
avatar