ProjekWebKu : Berikut adalah contoh dari Makalah Tugas Akhir Web Programming BAB I : PENDAHULUAN.
Untuk mendapatkan file ini, silahkan Tekan gambar Download yang ada di bagian bawah.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Masalah.
Di zaman yang berkembang pesat ini serta
sejalan dengan era globalisasi, maka benda yang bernama komputer bukanlah
barang baru, melainkan suatu media yang sangat membantu sekaligus dibutuhkan
peranannya bagi manusia sebagai penggunanya. Perkembangan yang pesat akan
teknologi komputer sehingga dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Maka
seiring dengan hal tersebut para penggunanya dituntut untuk menyesuaikan dengan
perkembangan komputer itu sendiri. Sejalan dengan hal itu internet juga
melakukan perkembangan, dapat kita lihat beberapa tahun kebelakang bahwa
internet hanya digunakan untuk kalangan khusus, yaitu militer dan pemerintah.
Tetapi jika kembali pada masa sekarang ini internet berkembang bagaikan wabah
yang menyebar keseluruh dunia.
Dunia maya yang lebih dikenal dengan
internet buakanlah menjadi suatu yang baru bagi kita, cepatnya perkembangan
didunia internet membuat segalanya seakan jadi lebih mudah dan menjadikan
segalanya jadi lebih cepat diberbagai hal, termasuk salah satunya sebagai
penyampaian informasi, seolah membuat dunia menjadi tanpa batas.
Internet bukan hanya untuk mencari
segala informasi yang datang dengan cepat, lebih dari itu kehadirannya dapat
digunakan sebagai alat bantu bisnis perdagangan sebagai sarana dalam proses
jual beli. Sehingga dapat memberikan
1
kemudahan
sekaligus juga keleluasaan bagi para pembeli serta pedagang dalam proses jual
beli.
Di masa lalu, aktivitas dunia
perdagangan (commerce) dilakukan melalui penawaran langsung tapi
pertumbuhan drastis dari internet telah mengubah paradigma tersebut. Melalui
internet, pedagang dapat menawarkan produknya secara online kepada pembeli
tanpa perlu bertatap muka.
E-commerce (perdagangan
melalui internet) mengizinkan pedagang untuk menjual produk-produk dan
jasa secara online. Calon pembeli atau konsumen dapat menemukan website
pedagang, membaca, melihat produk-produk, dan memesannya secara online.
Oleh karena hal itu didalam tinjauannya, penulis tertarik membuat pemrograman
aplikasi web yang diberi judul “PERANCANGAN SISTEM
PENJUALAN
SEPATU BERBASIS WEB”.
1.2. Maksud
dan Tujuan.
Maksud dari penulisan Tugas Akhir ini
adalah:
1.
Merancang
Website penjualan sepatu dengan menggunakan Adobe Dreamweaver CS6 yang
menyediakan produk bagi para pengguna internet .
2.
Mengimplementasikan
Website sehingga mempermudah para pengguna internet dalam memperoleh
informasi dan bisa memilih jenis produk.
3.
Memberikan
kemudahan kepada para pengguna internet dalam melakukan transaksi pemesanan
produk secara online melalui website yang responsif dan
petunjuk penggunaan yang mudah dipahami.
4.
Untuk
mempermudah para pengguna internet agar bisa bertransaksi 24 jam penuh.
Sedangkan tujuan
penulisan Tugas Akhir adalah sebagai salah satu syarat kelulusan pada program
Diploma Tiga (D.III) untuk program studi Manajemen Informatika di Akademi
Manajemen dan Komputer Bina Sarana Informatika ( AMIK BSI KARAWANG).
1.3. Metode
Penelitian.
Dalam
penulisan Tugas Akhir
ini, menggunakan Metode
Pengembangan
Perangkat
Lunak dan Teknik Pengumpulan Data.
A.
Metode
Pengembangan perangkat Lunak.
Metode yang digunakan
pada pengembangan perangkat lunak ini menggunakan model water fall (Rosa
A.S,2013:28) yang meliputi:
1.
Analisa
Kebutuhan Perangkat Lunak.
Pada proses ini penulis
lebih mengutamakan mengenai proses pemesanan produk sepatu secara online.
Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses transaksi penjualan dan memberikan
kemudahan tersendiri kepara para pengguna internet yang akan memesan maupun
memperoleh informasi mengenai produk pada website penjualan sepatu.
2.
Desain .
Pada proses ini
merupakan tahapan dimana dilakukan penuangan pemikiran dan perancangan sistem
terhadap soludi dari permasalahan yang ada dengan
menggunakan perangkat
permodelan sistem seperti diagram alir data (data flow diagram). Diagram
hubungan entitas (entity relationship diagram) serta struktur dan
bahasan data.
3.
Pembuatan Kode
Program
Pembuatan kode program
atau coding merupakan penerjemahan design dalam bahasa yang bisa
dikenal oleh komputer. Dilakukan oleh programmer yang akan menerjemahkan
transaksi yang diminta user. Tahapan inilah yang merupakan tahapan
secara nyata dalam mengerjakan suatu sistem dalam artian penggunaan komputer
akan dimaksimalkan dalam tahapan ini. Setelah pengkodean selesai maka akan
dilakukan testing terhadap sistem yang telah dibuat tadi. Tujuan testing
adalah menentukan kesalahan-kesalahan terhadap sistem tersebut dan kemudian
bisa diperbaiki.
4.
Implementasi dan
Pengujian Unit.
Pada proses ini
perancangan perangkat lunak direalisasikan sebagai serangkaian program atau
unit program. desain interface perangkat lunak pada Website Toko Online
direalisasikan sebagai serangkaian program atau sebuah unit program. Dilakukan
juga unit pengujian program Website Toko
Online yang
melibatkan verifikasi sistem, bahwa setiap unit telah memenuhi spesifikasinya.
5.
Penerapan
Program dan Pemeliharaan.
Perangkat lunak yang
sudah dibuat dan diterapkan pada perangkat lain akan mengalami perubahan.
Perubahan tersebut bisa karena mengalami kesalahan karena perangkat lunak harus
menyesuaikan dengan lingkungan (periperal
atau sistem
baru) atau karena
user membutuhkan perkembangan
fungsional.
B.
Teknik
Pengumpulan Data.
Teknik pengumpulan data
yang digunakan oleh penulis dalam melakukan pengumpulan data untuk Tugas Akhir
adalah :
Studi Pustaka (Library research).
Dalam metode ini
penulis mengumpulkan dan memperoleh data dari membaca buku-buku literatur,
laporan-laporan atau bacaan lain,yang berkaitan dengan materi yang akan
dibahas.
1.4. Ruang
Lingkup.
Dalam pembuatan website Toko
Sepatu ini diperlukan batasan masalah, agar
permasalahan
yang ditinjau tidak terlalu luas dan
sesuai dengan maksud dan tujuan
yang
dicapai. Adapun batasan-batasan yang dibuat adalah sebagai berikut :
1.
Data
yang diolah adalah data produk sepatu, data gambar,data pemesanan dan data
laporan.
2.
Proses
yang terjadi pada aplikasi yaitu proses login user, proses pembelian
produk, proses pencarian produk, dan proses pembuatan laporan.
3.
Keluaran yang
dihasilkan oleh aplikasi yaitu informasi produk, informasi
pemesanan, informasi
cara pembayaran, laporan
produk dan laporan
penjualan.
4.
Pada
halaman Admin dapat melakukan proses input, update, delete, semua
data yang berhubungan dengan web penjualan sepatu yang meliputi data barang,
dan laporan penjualan.
1.5. Sistematika
Penulisan.
Penulis menyusun penulisan Tugas Akhir
ini menjadi empat bab, diantaranya:
BAB
I
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
Bab
|
pendahuluan ini
membahas tentang latar
belakang
|
masalah,
|
|
pembatasan masalah,
tujuan penulisan, metode
penelitian dan
|
||
|
sistematika
penulisan.
|
|
|
BAB
II
|
LANDASAN TEORI
|
|
|
|
Bab
|
landasan teori
ini membahas tentang konsep
dasar
|
web dan
|
|
teori
pendukung.
|
|
|
BAB
III
|
PEMBAHASAN
|
|
|
|
Bab
pembahasan ini menguraikan
tentang tinjauan kasus,
analisa
|
||
|
kebutuhan, perancangan
perangkat lunak seperti
rancangan antar
|
||
|
muka,
rancangan basis data dan rancangan
struktur navigasi, begitu
|
||
|
pula pada
implementasi dan pengujian unit.
|
|
|
BAB
IV
|
PENUTUP
|
|
|
|
Pada bab
ini terdiri dari
kesimpulan dan saran-saran
penulis yang
|
||
|
penulis buat
berdasarkan bab-bab sebelumnya.
|
|
Download File :
2 komentar
komentarizin sedot bang
ReplyIzin download gan. Done. Terimakasih gan (y)
Reply